Ketahui Strategi Jitu Bisnis Di Kala Pandemi

Spread the love

Bisnis menjadi salah satu aktivitas mencari nafkah yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Namun aktivitas bisnis ini tidak selalu berjalan lurus-lurus saja. Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis pasti akan menjumpai berbagai hambatan baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Salah satu hal atau situasi yang  kini banyak menghambat aktivitas bisnis yakni adanya pandemi. Sudah lebih dari setengah tahun, pandemi banyak memberikan dampak negatif tidak hanya didunia kesehatan namun juga pada sektor ekonomi. Banyak bisnis yang terpaksa gulung tikar karena adanya pandemi covid-19 yang belum diketahui dengan pasti kapan akan berakhir.

Jika Anda seorang pengusaha, maka pandemi menjadi tantangan bagi Anda dalam menjaga agar bisnis yang sedang Anda jalankan dapat tetap bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil ini. Untuk itu, Anda dituntut untuk dapat berfikir kreatif dalam mencari strategi sekaligus solusi untuk mengatasi ketidakstabilan ekonomi di tengah pandemi ini. Berikut merupakan beberapa rekomendasi strategi untuk mempertahankan bisnis selama masa pandemi ini:

1. Bergeser Pada Produk Yang Relevan

Salah satu strategi bertahan di masa pandemi covid-19 ini yakni dengan bergeser pada produk lain yang lebih relevan dengan kondisi saat ini. Pergeseran produk ini tentu tidak dilakukan selamanya hanya dilakukan sementara agar bisnis yang sudah dijalankan tidak mati dan gulung tikar. Hal ini dilakukan untuk menjaga eksistensi dari brand yang sudah dibangun sejak lama. Sebagai contoh sederhana saat ini banyak brand hijab maupun fashion item lainnya yang bergeser dengan membuat dan menjual produk seperti masker kain yang lebih relevan dan lebih dibutuhkan saat ini. Contoh lainnya juga dapat dilihat pada bisnis makanan. Bisnis makanan seperti restoran yang dahulunya menjual produknya secara langsung kepada konsumen kini mulai bergeser dengan menjual produk frozen food yang lebih relevan karena masyarakat banyak yang work from home dan tidak memungkinkan untuk berbelanja setiap harinya maka frozen food menjadi salah satu solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Dann frozen food juga dapat menjadi ide usaha yang dapat dijalankan di kala pandemi seperti ini.

2. Perkuat Promosi

Salah satu hal yang dapat memperpanjang napas bisnis yaitu dengan tetap gencar melakukan promosi. Strategi ini dirasa cukup efektif karena tipikal masyarakat kita yang mudah tergiur dengan adanya promosi maka dapat dijadikan salah satu strategi yang tepat untuk menjaga agar bisnis tersebut tetap dapat berjalan. Beberapa tawaran promosi yang dapat dilakukan diantaranya dengan memberikan potongan harga, memberikan gratis ongkos kirim, atau memberikan promo-promo lainnya seperti buy one get one free. Cara-cara tersebut perlu diperhitungkan terlebih dahulu hal ini dilakukan agar meskipun memberikan promo kepada konsumen namun Anda sebagai penjual juga tidak boleh sampai merugi. Maka dari itu perhitungan yang teliti menjadi kunci utama ketika hendak memberikan promo, sehingga promo yang diberikan tetap memberikan keuntungan walaupun mungkin keuntungannya tidak sebanyak biasanya.

3. Mengoptimalkan Penjualan Secara Online

Di tengah pandemi seperti ini aktivitas luring yang biasanya dilakukan menjadi dibatasi dan bergeser pada aktivitas daring atau online. Hal ini juga berlaku untuk aktivitas jual beli. Sebagai pelaku bisnis, di tengah pandemi seperti ini penjualan hanya bertumpu pada pasar online. Maka dari itu penguasaan pasar digital dan pengoptimalan penjualan secara online menjadi sebuah keharusan jika tidak ingin bisnis yang dibangun gulung tikar begitu saja. Penjualan secara online tentu saja berbeda dengan penjualan secara langsung. Anda harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru namun jika dimanfaatkan dengan baik dan benar penjualan online dapat menjadi salah satu media bisnis yang menguntungkan. Karena banyak biaya pemasaran yang akhirnya terpangkas, misalnya jika awalnya Anda harus bayar sewa tempat usaha saat berjualan secara normal, namun karena penjualan dilakukan secara online Anda tidak perlu menyewa tempat lagi dan hal tersebut tentu akan memangkas biaya yang harus Anda keluarkan. Namun penjualan online juga cukup berisiko jika tidak cermat aktivitas penipuan dapat mudah terjadi pada sistem jual beli ini. Maka dari itu salah satu antisipasinya yakni Anda harus terlebih dahulu menguasai medan sebelum memutuskan untuk melakukan penjualan pada media tersebut.

Ketiga strategi tersebut hanyalah sebuah gambaran untuk Anda yang tengah mengelola sebuah usaha. Tentu saja setiap pengusaha memiliki cara tersendiri. Yang penting untuk diingat bahwa cara yang Anda gunakan untuk menjaga bisnis yang Anda miliki haruslah tepat dan telah dipikirkan secara matang. Anda harus terlebih dahulu mengetahui dengan lengkap permasalahan yang Anda hadapi maka dari itu untuk menentukan solusinya juga lebih tepat sasaran. Pastikan pula bahwa solusi yang Anda pilih untuk mengatasi permasalahan di bisnis Anda tidak merugikan pihak lain, sehingga usaha yang dijalankan tetap nyaman.